Layanan Publik

Pengertian Pelayanan Publik

Pelayanan Publik
Ilustrasi Pelayanan Publik

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mendefinisikan pelayanan publik sebagai berikut: Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Prinsip Pelayanan Publik

Penyelenggaraan pelayanan publik juga harus memenuhi beberapa prinsip pelayanan sebagaimana yang disebutkan dalam Kepmenpan No. 63 Tahun 2003 (Ratminto dan Winarsih, 2007:22) yang menyatakan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik harus memenuhi beberapa prinsip sebagai berikut :

a. Kesederhanaan

Prosedur pelayanan publik tidak berbelit-belit, mudah dipahami dan mudah dilaksanakan.

b. Kejelasan

Kejelasan ini mencakup kejelasan dalam hal :

  1. Persyaratan teknis dan aministratif pelayanan publik.
  2. Unit kerja / pejabat yang berwenang dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan dan penyelesaian keluhan/persoalan/ sengketa dalam pelaksanaan pelayanan publik.
  3. Rincian biaya pelayanan publik dan tata cara pembayaran.

c. Kepastian waktu

Pelaksanaan pelayanan publik dapat diselesaikan dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

d. Akurasi

Produk pelayanan publik diterima dengan benar, tepat dan sah.

e. Keamanan

Proses dan produk pelayanan publik memberikan rasa aman dan kepastian hukum.

f. Tanggung jawab

Pimpinan penyelenggara pelayanan publik atau pejabat yang ditunjuk bertanggung jawab atas penyelenggaraan pelayanan dan penyelesaian keluhan/persoalan dalam pelaksanaan pelayanan publik.

g. Kelengkapan sarana dan prasarana

Tersedianya sarana dan prasarana kerja, peralatan kerja dan pendukung lainnya yang memadai termasuk penyediaan sarana teknologi telekomunikasi dan informatika (telematika).

h. Kemudahan akses

Tempat dan lokasi serta sarana pelayanan yang memadai, mudah dijangkau oleh masyarakat, dan dapat memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informatika.

i. Kedisplinan, kesopanan dan keramahan

Pemberi pelayanan harus bersikap disiplin, sopan dan santun, ramah, serta memberikan pelayanan dengan ikhlas.

j. Kenyamanan

Lingkungan pelayanan harus tertib, teratur, disediakan ruang tunggu yang nyaman, bersih, rapi, lingkungan yang indah dan sehat serta dilengkapi dengan fasilitas pendukung pelayanan, seperti parkir, toilet, tempat ibadah dan lain-lain.

Layanan Kependudukan

Pengurusan Administrasi Kependudukan yang dilayani di Kelurahan Balearjosari antara lain: 1. Pengurusan Akte Kelahiran Apa saja syarat pengurusan akte kelahiran? 1. Fotokopi KTP orang tua (keduanya, jangan salah satu) 2. Surat Keterangan  Kelahiran dari Kelurahan (asli) 3. Surat kelahiran dari bidan/ dokter/ rumah sakit (asli) 4. Fotokopi surat nikah/ akta perkawinan orang tua (dilegalisir). 5. …

Lihat halaman »

Layanan Ketenagakerjaan

SURAT KETERANGAN USAHA ( SKU ) Surat Keterangan Usaha, Bagaimana Cara Mengurusnya ?   Apakah Anda ingin membuat Surat Keterangan Usaha tapi tidak tahu caranya? Surat Keterangan Usaha biasanya dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan dokumen jika Anda ingin mengajukan pinjaman atau kredit ke bank atau lembaga keuangan lainnya misalnya untuk keperluan mengembangkan usaha. Seperti yang …

Lihat halaman »

Layanan Lainnya

Kelurahan Balearjosari juga menyalurkan RASKIN (Beras untuk orang miskin) Yang merupakan Program bantuan sosial terpadu berbasis keluarga yang disalurkan setiap bulannya Di Kelurahan Balearjosari ada 207 Kepala Keluarga ( KK ) yang berhak menerima Raskin yaitu : RW 01  ada   35 KK RW 02  ada    78 KK RW 03 ada    64 KK RW …

Lihat halaman »