«

»

Jun 19

Pengalaman Budi Daya Ikan Lele

Kelompok Budi Daya Lele Kelurahan Balearjosari Kecamatan Blimbing Kota Malang.
Tulisan ini kami muat hanya untuk berbagi pengalaman dengan tujuan kami berharap komentar berupa saran-saran dari pengunjung kepada kami untuk peningkatan ke depan.
Berawal dari kesamaan pandangan dalam membuat suatu usaha pertanian (peternakan) dengan tujuan untuk menciptakan pekerjaan guna menambah penghasilan, maka disepakati untuk berbudidaya ikan lele yang lingkup kegiatannya pada pembesaran ikan. Budi daya ini kami lakukan dengan membentuk sebuah kelompok budi daya lele.
Budi daya lele ini dimulai pada tanggal 27 Mei 2010 dengan modal dasar yang dipunyai yakni sebidang kolam tanah dengan ukuran 3,3m x 6m serta dana yang minim. Dengan pengetahuan yang pas-pasan kami memberanikan diri untuk malangkah, dan akibatnya dari 8.000 ekor benih lele selama 2 bulan hanya memperoleh 52 kg ikan lele dengan perolehan Rp. 572.000,-
Sangat mengecewakan, namun kami tidak patah arang kami mencoba lagi masih dengan kolam yang sama, kami menebar benih dengan jumlah benih 4.000 ekor, namun sebelumnya kami menggali informasi lebih jauh dengan mengikuti pelatihan-pelatihan budi daya ikan lele yang diadakan oleh Pemerintah Kota Malang dalam hal ini dibimbing oleh Dinas Pertanian Bidang Perikanan Kota Malang. Dengan bimbingan yang intensif kami akhirnya memperoleh hasil yang memuaskan, dari benih 4.000 ekor kami bisa memperoleh hasil Rp. 1.200.000,- Alhamdulillah, itung-itung bisa balik modal.
Kesempatan berikutnya kelompok kami dipercaya oleh Pemkot Malang untuk menerima bantuan berupa pembangunan infrastruktur budi daya lele berupa kolam semen yang lebih permanen. Ternyata perlakukan kolam tanah dengan kolam semen sangat berbeda. Lagi-lagi dengan pengalaman yang baru mengelola kolam semen hasil yang kami peroleh menurun. Dari 4.000 ekor benih yang disebar kami hanya memperoleh 65.2 Kg Ikan lele dan hasil Rp. 652.000,- Kami tidak bosan-bosannya untuk menggali pengetahuan lebih dalam terkait budi daya ikan lele denga media kolam semen.
Dan akhirnya masa iku datang juga, dari 3.000 ekor benih yang kami tebar kami mendapatkan panen sebanyak 180 Kg dengan hasil Rp. 1.800.000,-
Sekali lagi kami mengharapkan komentar sebanyak-banyaknya dari para pengunjung blog kami berupa saran-saran berdasarkan pengalaman para pengunjung semua. Mudah-mudahan dengan saling bertukar pengalaman kita semua dapat lebih meningkatkan usaha kita. Amiiin….(‘goes)

2 comments

  1. Portal Tekno

    Meskipun pada awalnya kurang beruntung. Namun semangat yang membara membuat panen seterusnya mengalami peningkatan… Semoga semakin maju dan sukses besar.

    1. kelbalearjosari

      ok.terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>